Posted by : Muhammad Adityo Kamis, 26 November 2020

Nama : Muhammad Adityo
Kelas : 4PA12
NPM : 13517834
Mtakul : Sistem Informasi Psikologi

Tugas Vclass Sistem Infomasi Psikologi M9 
Resume materi minggu pertama dan kedua

Pengertian Sistem

Pengertian sistem menurut Romney dan Steinbart (2015:3): Sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.Sebagian besar sistem terdiridari subsistem yang lebih kecil yang mendukung sistem yang lebih besar.

Pengertian sistem menurut murdick (dalam Hutahaean, 2014), suatu sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk  kumpulan atau prosedur-prosedur/ bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan tertentu.

Menurut Fat (dalam Hutahaean, 2014) , Sistem adalah suatu himpunan ‘benda’ nyata atau abstrak (a set of thing) yang terdiri dari bagian-bagian tau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, saling mendukung, yang secar keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan (unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.

    Menurut Hutahaean (2014), sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan kegiatan atau untuk melakukan sasaran yang tertentu. Pendekatan sistem yang merupakan jaringan kerja dari prosedur lebih menekankan urutan-urutan operasi di dalam sistem.

      Menurut Havery sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

      Dari beberapa definisi sistem menurut para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan elemen-elemen yang didalamnya terdapat suatu interaksi dan mempunyai tujuan bersama. Sistem merupakan sekelompok bagian-bagian yang menyatu secara kompleks dan rapi untuk melakukan kegiatan guna mencapai tujuan tertentu.

        Pengertian Informasi

        Menurut George H. Bodnar (2000: 1) informasi adalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Menurut Tata Sutabri, informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
        Apa itu Psikologi.

        Menurut Amsya (2005), informasi adalah data yang sudah diolah ke dalam bentuk tertentu sesuai dengan keperluan pemakaian informasi tersebut. Kalau data umunya berada pada tingkat transaksi, maka informasi berada pada tingkat manajemen.

        Menurut Jogiyanto (2005) informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya, yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang berguna untuk para pengambil keputusan.

        Berdasarkan pengertian menurut tokoh diatas, maka dapat disimpulkan bahwa informasi adalah hasil pengolahan data yang diolah dengan cara tertentu lalu diinterpretasikan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

        Pengertian Psikologi

        Pengertian Psikologi menurut Wundt yaitu ilmu yang mempelajari tentang pengalaman-pengalaman yang muncul pada manusia. Seperti perasaan panca indera, feeling, kehendak, pikiran, dll. Wundt ini juga termasuk tokoh filsafat yang mencetuskan cikal bakal berdirinya Psikologi.

        Menurut Wade dan Travis Psikologi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari perilaku dan proses mental serta bagaimana kedua hal tersebut dapat mempengaruhi keadaan fisik, keadaan mental, dan lingkungan eksternal dari suatu organisme.

        Menurut Morgan (dalam Sarwono, 2009) bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.

        Dari penjelasan psikologi diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi diatas menunjukkan beragamnya pendapat para ahli psikologi. Perbedaan tersebut bermuasal pada adanya perbedaan titik berangkat para ahli dalam mempelajari dan membahas kehidupan jiwa yang maha kompleks itu. Itulah sebabnya sehingga sangat sukar adanya satu rumusan pengertian psikologi yang disepakati oleh semua pihak.


        Pengertian Sistem Informasi Psikologi


        Menurut Hutahaean (2014), sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan.

        Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang didalamnya terdapat kombinasi dari manusia dan teknologi yang dimaksudkan mengolah data mengenai perilaku manusia sehingga menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu.

        Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan penguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan.

        ARSITEKTUR DAN KOGNISI MANUSIA

        Arsitektur komputer
        Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer (Syafrizal, 2005). Alfatta (2017) mengemukakan bahwa arsitektur komputer merupakan ilmu mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, target, dan biaya.

        Arsitektur komputer merujuk pada atribut sistem yang visible untuk programmer, atau, dengan kata lain, atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis suatu program. Contoh dari atribut meliputi sel instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk mewakili berbagai jenis data (misal: angka, karakter), mekanisme (input, proses, output), dan teknik untuk pengalamatan memori (Arif, 2019).

        Arsitektur komputer merupakan arsitektur perangkat lunak dan standart untuk antarmuka dengan user, seperti validasi dan log aktifitas serta multiuser interface (Nidhom, 2019).

        Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa arsitektur komputer merupakan atribut-atribut sistem pada perangkat komputer juga konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.

        Kognisi Manusia

        Kognisi (cognition) merupakan istilah umum yang mencakup diperolehnya pengetahuan melalui berbagai proses mental, seperti konseptualisasi, persepsi, uji daya nilai, atau imajinasi (Yulianti, 2003).

        Kognisi adalah kegiatan-kegiatan mental yang dibutuhkan dalam memperoleh, menyimpan, mendapatkan kembali, dan menggunakan pengetahuan. Kognisi meliputi proses-proses mental, seperti mempersepsikan, belajar, mengingat, menggunakan bahasa, dan berpikir (Semiun, 2006).

        Kognitif yaitu wilayah pembelajaran yang berkenaan dengan bagaimana seseorang mendapatkan, memproses, dan menggunakan pengetahuan (Bachtra & Saifuddin, 2015).

        Berdasarkan uraian definisi kognisi diatas, dapat disimpulkan bahwa kognisi merupakan kegiatan dan proses mental  mencakup penyimpanan informasi dan pengetahuan, mempersepsikan, belajar, mengingat, menggunakan bahasa, dan berpikir.


        Hubungan Antara Arsitektur Komputer dengan Kognisi Manusia

        Arsitektur komputer merupakan refleksi nyata dari sistem kognisi manusia. dilihat dari konsep, fungsi, proses, maupun penggunaannya. Komputer dibuat menyerupai fungsi kerja kognisi manusia salah satunya pemrosesan informasi. Jika kita lihat secara mendalam proses yang terjadi pada komputer (input-proses-output) serupa dengan proses pemrosesan informasi kognisi manusia walaupun kompleksivitas tetap berada pada kognisi manusia. Namun, dengan adanya komputer kita dapat memahami bagaimana kognisi kita bekerja dalam pemrosesan informasi dengan pola yang lebih singkat dan nyata.

        Leave a Reply

        Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

        Popular Post

        Muhammad Adityo. Diberdayakan oleh Blogger.

        Blogroll


        widgeo.net

        - Copyright © 2013 Mahasiswa Konyol -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -