Posted by : Muhammad Adityo Jumat, 09 Oktober 2020


NAMA               : Muhammad Adityo 
KELAS              : 4 PA 12 
NPM                  : 13517834 
MATKUL           : SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI 
JURUSAN          : PSIKOLOGI 
FAKULTAS        : PSIKOLOGI 
UNIVERSITAS  : GUNADARMA 

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

    Ilmu Psikologi sudah mulai banyak berkembang di Indonesia dan mulai banyak orang yang sadar bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan secara fisik, dari sekian banyaknya hal yang berkembang di indonesia maka muncul juga berbagai tes psikologi yang dibuat para psikologi di indonesia. Kemudian mulai berkembang juga sebuah aplikasi tes psikologi untuk mempermudah kita dalam memiliki akses terhadap tes psikolog. Seperti aplikasi yang satu ini :
    Nah disini kita akan menganalisis sebuah sistem informasi dalam sebuah bidang psikologi. Kita akan menggunakan aplikasi Tes Kepribadian (Psikologi): Tes Rorschach sebagai contoh dari aplikasi tes psikologi. Aplikasi ini dapat kita unduh menggunakan Playstore. Disini kita akan menganalisa mengenai fitur-fitur apa saja yang diberikan oleh aplikasi itu dan mengulas apa tujuan dari aplikasi serta sasaran dari aplikasi tersebut.

APA SAJA YANG BISA DI DAPATAN DARI APLIKASI TERSEBUT :

1. Kita akan dapat mencoba tes Psikologi Rorschach secara gratis dengan menggunakan aplikasi tersebut.

2. Menemukan fitur-fitur tersembunyi yang dari kepribadian kita dan teman-teman kita. 

3. Dalam ujian Anda akan diperlihatkan 10 angka, di mana Anda harus memberikan tanggapan berdasarkan apa yang akan Anda lihat dalam gambar dan memeriksa makna jawaban Anda.

4. Memiliki deskripsi mendetail dari setiap jawaban yang Anda berikan, sehingga menemukan karakteristik kepribadian Anda dan semua sisi tersembunyi.

5. Bersenang-senang menemukan sisi tersembunyi dari kepribadian teman dan kerabat Anda.











APA SAJA FITUR YANG TERDAPAT DALAM APLIKASI TERSEBUT :



  1. Ikon yang digunakan untuk aplikasi adalah salah satu gambar dari kartu Rorschach yang paling terkenal, sehingga untuk orang yang sudah mengetahui tentang aplikasi tersebut dapat langsung mengetahui bahwa aplikasi tersebut adalah sebuah aplikasi tes Rorschach.

  2. Tampilan awal yang simpel dan menarik hanya dengan memberikan satu gambar dari salah satu tes rorschach sebagi logo aplikasi seperti halnya ikon aplikasinya, dan juga tidak banyak mempunyai pilihan menu.

  3. Di dalam aplikasi tersebut memiliki pengaturan untuk bahasa, dan dialamnya terdapat banyak sekali bahasa yang bisa kita sesuaikan dengan bahasa kita. Disini sangat memudahkan bagi mereka yang memiliki kesulitan dalam berbahasa inggris, karena kekuatan dari aplikasi juga berasal dari banyaknya bahasa yang dapat dipilih sehingga dapat memudahkan kita untuk mengetahui pertanyaan yang terdapat pada setiap kartu Rorschach dan juga memilih jawaban yang sesuai dengan presepsi kita tanpa terjadi kesalahan dalam memilih karena bahasa yang kita pahami. Dan juga sepertinya default bahasanya akan disesuaikan dengan dimana tempat kita mengunduh, karena saat saya mengunduh aplikasi tersebut bahasa yang terpakai langsung bahasa Indonesia.
  4. Terdapat peringatan untuk tidak terlalu menganggap serius mengenai hasil yang didapat karena bagaimanapun juga untuk dapat melihat hasil tersebut secara akurat dibutuhkan seorang psikolog yang memang ahli pada bidang tersebut.

  5. Dalam tes terdapat tombol untuk memutar gambar yang memduahkan kita ketika ingin melihat gambar dari sisi lain dan juga akan muncul pertanyaan yang menugaskan kita untuk melihat gambar secara terbalik, dan hal itu memudahkan kita untuk membalik gambar tanpa harus memutar hp kita.




  6. Setelah memilih berlangsung kita juga diberikan tombol untuk dapat melihat kembali jika kita tidak yakin pada logo kembali yang berada di kanan bawah.

  7. Bahasa Indonesia yang digunakan cukup mudah untuk dipahami meskipun dalam pilihan jawaban yang ada kadang ada juga yang tidak sesuai dengan apa yang kita lihat, disitulah kelemahan dari aplikasi ini karena tidak dapat mengetahui apa yang tidak ada di pilihan jawaban.




ISI DARI ULASAN APLIKASI : 
Terdapat 100rb+ pengunduh aplikasi dan diantaranya banyak yang memberikan ulasan sekitar 4.720 pengguna aplikasi memberikan berbagai tanggapan mulai dari yang positif hingga negatif.
Sisi Positif : Terlihat banyak yang merasa hasil dari tes tersebut sesuai dengan diri mereka dan merasa senang untuk mencoba tes kepribadian rorschach.
Sisi Negatif : Ada beberapa keluhan seperti kurangnya opsi dalam pilihan jawaban ketika mereka melihat sesuatu yang berbeda dengan opsi yang di berikan.

Sekian ulasan saya mengenai aplikasi tersebut, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang tidak sengaja masuk kedalam blog saya, untuk tes psikologi seperti ini di saran tidak terlalu serius dalam menanggapi hasil dari tes tersebut, lakukanlah saja seperti anda sedang mencobanya untuk senang-senang saja. Sekian dari saya, Terima Kasih banyak.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Muhammad Adityo. Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll


widgeo.net

- Copyright © 2013 Mahasiswa Konyol -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -