Posted by : Muhammad Adityo Jumat, 06 November 2020

Materi             : Penggunaan Aplikasi Alat Tes (Aplikaso Tes Koran Pauli & Kraepelin

Kelompok       : 3 (Andi Triandi, Indira Desanti, M. Alghifari, Oktaviani Aulia)


Pauli test atau test koran merupakan salah satu bentuk psikotest yang populer dan banyak digunakan pada proses rekruitmen atau penerimaan karyawan. Pauli test dikembangkan oleh Richard Pauli pada tahun 1938 yang merupakan bentuk pengembangan dari Kraeplin test yang diciptakan oleh Emil Kraeplin. 

Kraepelin dan Pauli test atau yang sering disebut “hitungan koran” adalah tes kemampuan dasar menghitung cepat. Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka dari 1-9 yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur. Pada saat tes anda harus menjumlahkan dua angka yang berdekatan di setiap lajur dalam waktu tertentu.

Dalam aplikasi ini menampilkan hasil tes yang sudah dikerjakan, didalam hasil tersebut ditampilkan waktu pengerjaan, soal benar dan salah sehingga memudahkan pengguna untuk mengevaluasi hasil pengerjaan tes nya. Terdapat intruksi dalam pengerjaan soal tes dalam aplikasi ini. Aplikasi ini juga tidak semuanya free ada beberapa fitur yang pengguna harus mengaksesnya dengan premium atau berbayar. 

Kelebihan : Kelompok ini sudah memberikan informasi terkait aplikasi ini dengan cukup jelas dan rinci, ditambah lagi dijelaskan juga bahwa aplikasi ini digunakan untuk berlatih sebelum menerjakan tes yang sesungguhnya sehingga kita tidak terlalu memperdulikan hasilnya

Kekurangan : Kelompok ini lama dalam mempersiapkan persentasi di awal seperti kurang persiapan, dan juga lupa melakukan salam pembuka.

Materi             : E-Coaching (Aplikasi Mindshine)
Kelompok       : 5 (Evina Risty, Jihan Nabila dan Mega Yusniar)

Aplikasi ini didasari oleh sains untuk meningkatkan kepercayaan diri, produktivitas, dan kesenangan. Aplikasi ini termasuk ke dalam E-Coaching, karena merupakan metode pembelajaran secara mandiri yang berfokus pada proses membuka kunci potensi seseorang untuk memaksimalkan kinerjanya yang dilakukan melalui media sosial bersama Coach yang tersedia. Navigator dalam aplikasi "MindShine" menjelaskan langkah- langkah penggunaan aplikasi secara lengkap dan rinci, mulai dari gambaran singkat mengenai tujuan dan fitur di dalam aplikasi, instruksi penggunaan aplikasi, security data client dan sebagainya. Fitur aplikasi “MindShine” terdapat latihan untuk melakukan meditasi dengan tema-tema sesuai kebutuhan client. Design, aplikasi ini memiliki konsep yang simple sehingga mudah diakses oleh pengguna baru, warna-warna yang digunakan juga cerah dan setiap segmen latihan yang memiliki gambar yang menarik agar client semakin tertarik dan semangat dalam menggunakan aplikasi. 


Kelebihan : Kelompok ini menjelaskan dengan bahasa yang mudah di mengerti, penjelasan mengenai fitur-fitur aplikasinya sudah jelas, design ppt menarik. 
Kekurangan : Tujuan aplikasi dari aplikasi terebut kurang rinci, bahasa inggris yang terdapat di dalam ppt kurang dapat di mengerti.


Materi             : Mengukur Kepribadian Seseorang (Website 16personalities.com)
Kelompok       : 10 (Ahzanurmahyan, Dimas Rinaldi, Kania Mustika)

Website "16personalities.com" menggambarkan 16 julukan atau nama yang dipakai untuk merangkum tipe – tipe kepribadian manusia, seperti comander, protagonist, campaigner logican dan sebagainya. Pengguna harus berusia diatas 13 tahun untuk menggunakan situs web tersebut. Website ini menyediakan berbagai fitur yang bisa diakses oleh pengguna dengan melakukan login melalui email. Tampilan warna website di dominasi warna hijau yang memberikan kesan relaksasi diri dan meningkatkan konsentrasi. 

Kelebihan : Penjelasan fitur website mudah dipahami dengan penjelasan yang jelas, dan di jelaskan juga bahwa website ini belum tentu benar sehingga membuat kita tidak terpaku pada hasilnya. 
Kekurangan : Penyampaian mengenai fitur dari website kurang dijelaskan.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Muhammad Adityo. Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll


widgeo.net

- Copyright © 2013 Mahasiswa Konyol -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -