Nama : Muhammad Adityo
Kelas : 4PA12
NPM : 13517834
Matkul : Sistem Informasi Psikologi
Review Jurnal
JUDUL JURNAL : Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline.
Perkembangan IPTEKS (Ilmu
Pengetahuan, Teknologi, dan Sains) terjadi dengan cepat. Perkembangan IPTEKS
tidak hanya terjadi di dunia industri, ekonomi, politik, lingkungan, akan
tetapi juga telah merambah ke dunia pendidikan.
Perkembangan IPTEKS yang
diiringi dengan rasa tanggung jawab yang tinggi akan membawa kemanfaatan bagi
semua orang yang menggunakan teknologi tersebut. Dampak negatif pun dapat
dikurangi dengan adanya sikap kehati-hatian dan rasa tanggung jawab yang
tinggi. Banyak manfaat yang dapat diambil dari perkembangan IPTEKS, salah
satunya yakni dalam dunia pendidikan. Peran IPTEKS dalam dunia pendidikan
diantaranya dapat memudahkan guru untuk mengakses sumber belajar melalui
internet. Meskipun begitu, hadirnya teknologi mutakhir dalam dunia pendidikan
dirasa masih sangat minim ditemukan terutama di Indonesia. Berbagai kendala
muncul seperti akses sekolah yang masih sulit, infrasturktur kurang maksimal,
dan masalah-masalah lain. Salah satu teknologi mutakhir yang dapat diterapkan
pada dunia pendidikan yakni teknologi artificial intelligence atau
sering disebut sebagai kecerdasan buatan (AI).
AI (Artificial
Intelligence) merupakan teknologi yang dapat digunakan manusia sebagai
asisten bergerak layaknya robot namun keberadaannya berupa tampilan virtual dalam
suatu sistem komputer. AI dapat diibaratkan sebagai otak suatu robot. Apabila
kita meninjau perkembangan AI dan pemanfaatannya di luar negeri, tentu kita
akan tercengang setelah melihatnya. Fasilitas dan sarana yang mencukupi
menjadikan beberapa negara eropa dan amerika telah memulai riset mengenai AI
untuk diterapkan di berbagai sektor mulai dari pendidikan, ekonomi, maupun
bidang pertahanan negara.
Beberapa prosiding
menyajikan pemanfaatan AI di dunia pendidikan dengan melibatkan berbagai
jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pemanfaatan yang
terlihat antara lain seperti AI sebagai asisten digital dalam menampilkan
tutorial pembelajaran, sebagai sistem dalam mengevaluasi siswa, sebagai sistem
dalam layanan obrolan siswa, serta contoh-contoh lainnya
Pada pembahasan kali,
penelitian yang akan dilakukan adalah dengan menerapkan teknologi AI sebagai
asisten digital yang mampu memetakan karaktersitik, kompetensi, serta
perkembangan psikologi siswa SD di Indonesia melalui suatu jaringan
sistem offline. Penerapan artificial intelligence (AI) ini
dilakukan berbasis offline karena kondisi koneksi internet di
Indonesia kurang stabil dan merata.
Penerapan artificial
intelligence bagi dunia pendidikan akan memunculkan terobosan baru
bagi penerapan pembelajaran berbasis IPTEK terutama di abad ke 21. Kompetensi
orang tua dan guru dalam memahami perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK) dapat dilatih dan ditingkatkan dengan hadirnya teknologi artificial
intelligence. Oleh sebab itu, diharapkan melalui penelitian ini akan memicu
munculnya inovasi-inovasi baru dalam pendidikan di masa mendatang.
Tujuan Penelitian
Mengaplikasikan adanya artificial
intelligence (kecerdasan buatan) dalam dunia pendidikan khususnya
untuk memetakan karakteristik, kompetensi, dan perkembangan
psikologi siswa sekolah dasar di Indonesia.
Menelaah hambatan, manfaat
yang diperoleh, serta faktor yang mempengaruhi dari penerapan artificial
intelligence.
Kajian Pustaka
A. Artificial Intelligence
Teknologi AI (Artificial
Intelligence) adalah salah satu bentuk kemajuan yang sangat pesat dari
perkembangan IPTEKS di dunia. Teknologi AI masih sangat luas cakupannya
sehingga pemanfaatannya juga bermacam-macam di berbagai bidang. Dunia
pendidikan adalah salah satu bidang yang dapat mengadopsi adanya teknologi AI.
Teknologi AI merupakan
teknologi yang menciptakan sebuah sistem dan memungkinkan komputer sebagai
salah satu mediumnya dalam rangka melakukan proses interaksi dan memudahkan
manusia dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.
Artificial
intelligence memberikan
kemudahan kepada manusia apabila keberadaannya dimaksimalkan untuk hal-hal
positif. Haugeland (1996) berpendapat bahwa AI merupakan mind
design yang artinya mencitpakan sistem yang mirip dengan cara kerja
otak manusia.
B. Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa SD
Karakteristik siswa
merupakan ciri khas yang dimiliki oleh masing-masing siswa dalam berperilaku
sehari-hari maupun saat belajar di sekolah. Pentingnya mengetahui karakteristik
siswa bagi guru adalah sebagai pertimbangan untuk pemberian treatment yang
sesuai dan memperoleh hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran.
Pemberian treatment tersebut misalnya pertimbangan memilih
strategi, metode, model, maupun media pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik siswa. Karakteristik yang dijadikan sebagai acuan dalam pemetaan
melalui platform offline adalah gaya belajar dan perilaku
siswa.
Kompetensi siswa yang
dimaksud disini yakni kemampuan siswa dalam menyerap dan memahami materi yang
diberikan oleh guru. Kompetensi yang dimaksud dapat berupa kemampuan kogntiif
siswa, kemampuan afektif siswa, dan kemampuan psikomotorik siswa.Hal lain yang
dapat ditampilkan adalah tentang prestasi siswa dan skor IQ, EQ, dan SQ pada
siswa. Kompetensi siswa penting untuk dimasukkan ke dalam teknologi AI ini
karena berguna untuk guru dalam memberikan bimbingan kepada siswa, serta bagi
orang tua dapat dijadikan sebagai bahan refleksi maupun upaya orang tua untuk
membuat anaknya pandai dalam memahami ilmu pengetahuan.
Pemetaan perkembangan
psikologi siswa terutama siswa SD memberikan gambaran kepada orang tua maupun
guru di dalam mengambil sikap terutama pada saat proses pembimbingan di sekolah
oleh guru maupun saat proses pengawasan oleh orang tua pada saat anak berada di
rumah. Perkembangan psikologi perlu dipantau secara berkala yang tentu memiliki
berbagai manfaat. Manfaat yang dapat diperoleh diantaranya guru dan orang tua
dapat mendeteksi apakah si anak terkena bullying saat di
sekolah maupun saat di lingkungan bermain. Kedua, adalah mengidentifikasi tipe
kepribadian anak, apakah si anak memiliki kepribadian introvert, ekstrovert,
atau ambivert. Ketiga yakni pemetaan psikologi siswa dapat memberikan guru
bekal dan informasi untuk menempatkan siswa di lingkungan yang sesuai dan
selayaknya.
Munculnya teknologi AI
menjadi angin segar bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini bukan tanpa
alasan, karena selama ini kemajuan IPTEKS masih dominan diadopsi di dunia
industri, ekonomi, dan bidang-bidang lain. Dunia pendidikan sendiri memiliki
peranan penting dalam memajukan suatu bangsa. Berkaitan dengan hal tersebut,
ekpansi adanya teknologi AI dapat dimaksimalkan untuk kepentingan
monitoring karakteristik, kompetensi, dan perkembangan psikologi siswa SD.
Apabila inovasi ini benarbenar terwujud, maka semua pihak akan merasakan
kemudahan dalam memantau siswa.
C. Platform Offline
Platform offline merupakan sebuah “wadah” yang di dalamnya
terdapat integrasi sistemdengan berbagai menu pada sebuah komputer. Platform merupakan
sebuah kelompok teknologi yang digunakan dalam bentuk aplikasi, pemrosesan,
atau berupa teknologi yang sedang dikembangkan. Perbedaan platform
offline dengan platform online terletak pada
penggunaan internet. Internet adalah sarana penghubung antara data di server
dengan perangkat yang ada di masyarakat. Pengembangan platform
offline diambil dalam penelitian ini dengan beberapa pertimbangan
karena kondisi jaringan internet yang ada di Indonesia masih belum merata,
peralatan yang tersedia masih terbatas jumlahnya, serta operator yakni guru
masih belum mahir dalam mengoperasikannya. Keuntungan yang dapat diambil dengan
adanya teknologi AI berbasis platform offline diharapkan dapat
diakses oleh semua lapisan masyarakat dan pihak yang terkait tanpa adanya
koneksi internet sama sekali. Platform offline ini dapat
berjalan di sistem operasi iOS dan Android maupun berbasis web dengan skema LAN
(Local Areal Network).
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif-deskriptif. Indikator yang digunakan dalam penelitian yang akan dilakukan yakni dengan meninjau apakah nantinya apabila teknologi AI ini akan diterapkan, dampak positif yang ditimbulkan cenderung lebih besar daripada dampak negatif yang timbul.
Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah siswa SD (sekolah dasar) di daerah Kota Bantul, Yogyakarta.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik purposive sampling
Sampel penelitian dilakukan
dengan teknik purposive sampling dengan beberapa pertimbangan sebagai berikut:
(1) siswa yang berada di SD
Negeri se Kota Bantul memiliki keberagaman dalam hal kompetensi dan
karkateristik; (2) guru yang mengajar di sekolah tersebut adalah guru yang
sudah profesional dan berkompeten dalam mengajar dan mendidik siswa.
Sampel penelitian yang
dipilih berjumlah 4 sekolah, antara lain: SDN Bantul Warung, SDN 1 Bantul, SDN
3 Bantul, dan SD Bantul Timur. Keempat SD tersebut merupakan SD yang berada di
kota Bantul dan memiliki prestasi yang baik di tingkat nasional maupun
internasional.
Teknik non-randomized sampling
Teknik pemilihan SD tersebut
menggunakan teknik non-randomized sampling. Teknik ini menjadikan
sampel penelitian diambil dengan berbagai pertimbangan kritis dan ketat oleh
peneliti sehingga diharapkan penelitian sesuai dengan yang diharapkan.
Hasil dari penelitian ini
diharapkan dapat di-ekspansi ke seluruh SD yang ada di Indonesia.
Melalui teknologi AI, berbagai langkah yang penting dapat dilakukan dengan
dasar pertimbangan yang matang dan diharapkan menghasilkan keputusan yang
tepat. Misalnya dalam perpindahan siswa antar sekolah, dapat didata
secara online melalui data yang diperoleh dari sekolah asal.
Teknologi AI membutuhkan
sarana dan prasarana yang tepat. Hal ini juga menjadi pertimbangan pemilihan
sampel penelitian dilakukan pada sekolah dasar negeri di Kota Bantul,
Yogyakarta.
Artificial
intelligence adalah bentuk
dari puncak IT yang dapat menyatukan, mengumpulkan, dan merancang kecerdasan
manusia dalam bentuk sistem. Sistem ini akan ditemukan polanya dan
kemudian diaplikasikan untuk melaksanakan pekerjaan. Berawal dari perkembangan
AI maka dapat diciptakan robot hingga hologram atau bardcode canggih. Sesuatu
yang tidak hanya dapat mempermudah pekerjaan manusia, akan tetapi mirip dan
dapat bekerja layaknya manusia normal lainnya.
Penerapan artificial
intelligence harus mempertimbangkan nilai aksiologi, epiistemologi,
dan ontologi dalam sudut pandang filsafat ilmu. Hal ini disebabkan karena suatu
ilmu haruslah bermanfaat bagi kemaslahatan manusia, terutama untuk memenuhi
kebutuhan orang banyak. Oleh sebab itu, diharapkan penelitian ini akan
memberikan dampak yang baik terhadap pemanfaatan teknologi AI di masa
mendatang.
Penulis terlihat sangat menguasai dan juga mendalami materi karena setiap bagian jurnal dijelaskan dengan detail dan dengan kejelasan bahasa yang digunakan sehingga memudahkan dalam memahami isi jurnal dan menjelaskan dengan baik apa yang penulis inginkan.
Tata cara penulisan dan isi abstrak sudah baik karena penulis dapat memberikan gambaran menyeluruh mengenai kegiatan penelitian tentang Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline.
Telah dipaparkan dengan jelas mengenai penelitian yang telah dilakukan mulai dari pendahuluan atau latar belakang, metode penelitian dan teknik pengambilan sampel yang digunakan.
Penulisan dalam jurnal sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan
Dilengkapi dengan adanya gambar skema jaringan yang akan diterapkan dalam teknologi AI atau gambar Design jaringan pada platform offline.
Kelebihan dalam jurnal juga terletak pada meteri yang cukup lengkap terlihat pada sub-sub judul dalam jurnal tersebut yang lengkap dan mendetail, kemudian kelebihan dari jurnal tersebut adalah penulis dapat mengembangkan beberapa poin-point kecil namun cukup penting untuk di kaji, dan penulis melakukannya dengan cukup baik.
Kekurangan Jurnal
Space penulisan tidak teratur, tiap paragraph ada yang menjorok kedalam dan ada pula yang tidak menjorok kedalam.
Tidak ada saran untuk penelitian selanjutnya
Pemaparan yang jelas secara
keseluruhan menjadikan jurnal ini jauh dari kelemahan dalam penulisannya.
- Back to Home »
- Tugas , Tugas Sistem Informasi Psikologi »
- REVIEW JURNAL ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Best Casinos in Las Vegas, NV - Mapyro
BalasHapusFind your 동두천 출장샵 perfect Vegas casino 의왕 출장샵 in 2021. Compare 제주 출장샵 reviews, photos and ratings to find the 여수 출장샵 best Casino in 태백 출장샵 Las Vegas, NV.