Posted by : Muhammad Adityo Sabtu, 21 November 2020

 Nama : Muhammad Adityo

Kelas : 4PA12

NPM : 13517834

Matkul : Sistem Informasi Psikologi

Review Jurnal 

JUDUL JURNAL : Implementasi Artificial Intelligence  Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline.

 

Latar Belakang Penelitian

Perkembangan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Sains) terjadi dengan cepat. Perkembangan IPTEKS tidak hanya terjadi di dunia industri, ekonomi, politik, lingkungan, akan tetapi juga telah merambah ke dunia pendidikan.

Perkembangan IPTEKS yang diiringi dengan rasa tanggung jawab yang tinggi akan membawa kemanfaatan bagi semua orang yang menggunakan teknologi tersebut. Dampak negatif pun dapat dikurangi dengan adanya sikap kehati-hatian dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Banyak manfaat yang dapat diambil dari perkembangan IPTEKS, salah satunya yakni dalam dunia pendidikan. Peran IPTEKS dalam dunia pendidikan diantaranya dapat memudahkan guru untuk mengakses sumber belajar melalui internet. Meskipun begitu, hadirnya teknologi mutakhir dalam dunia pendidikan dirasa masih sangat minim ditemukan terutama di Indonesia. Berbagai kendala muncul seperti akses sekolah yang masih sulit, infrasturktur kurang maksimal, dan masalah-masalah lain. Salah satu teknologi mutakhir yang dapat diterapkan pada dunia pendidikan yakni teknologi artificial intelligence atau sering disebut sebagai kecerdasan buatan (AI).

AI (Artificial Intelligence) merupakan teknologi yang dapat digunakan manusia sebagai asisten bergerak layaknya robot namun keberadaannya berupa tampilan virtual dalam suatu sistem komputer. AI dapat diibaratkan sebagai otak suatu robot. Apabila kita meninjau perkembangan AI dan pemanfaatannya di luar negeri, tentu kita akan tercengang setelah melihatnya. Fasilitas dan sarana yang mencukupi menjadikan beberapa negara eropa dan amerika telah memulai riset mengenai AI untuk diterapkan di berbagai sektor mulai dari pendidikan, ekonomi, maupun bidang pertahanan negara.

Beberapa prosiding menyajikan pemanfaatan AI di dunia pendidikan dengan melibatkan berbagai jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Pemanfaatan yang terlihat antara lain seperti AI sebagai asisten digital dalam menampilkan tutorial pembelajaran, sebagai sistem dalam mengevaluasi siswa, sebagai sistem dalam layanan obrolan siswa, serta contoh-contoh lainnya

Pada pembahasan kali, penelitian yang akan dilakukan adalah dengan menerapkan teknologi AI sebagai asisten digital yang mampu memetakan karaktersitik, kompetensi, serta perkembangan psikologi siswa SD di Indonesia melalui suatu jaringan sistem offline. Penerapan artificial intelligence (AI) ini dilakukan berbasis offline karena kondisi koneksi internet di Indonesia kurang stabil dan merata.

Penerapan artificial intelligence bagi dunia pendidikan akan memunculkan terobosan baru bagi penerapan pembelajaran berbasis IPTEK terutama di abad ke 21. Kompetensi orang tua dan guru dalam memahami perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dapat dilatih dan ditingkatkan dengan hadirnya teknologi artificial intelligence. Oleh sebab itu, diharapkan melalui penelitian ini akan memicu munculnya inovasi-inovasi baru dalam pendidikan di masa mendatang.


Tujuan Penelitian

Mengaplikasikan adanya artificial intelligence (kecerdasan buatan) dalam dunia pendidikan khususnya untuk memetakan karakteristik, kompetensi, dan perkembangan psikologi siswa sekolah dasar di Indonesia.

Menelaah hambatan, manfaat yang diperoleh, serta faktor yang mempengaruhi dari penerapan artificial intelligence.

Kajian Pustaka

A. Artificial Intelligence

Teknologi AI (Artificial Intelligence) adalah salah satu bentuk kemajuan yang sangat pesat dari perkembangan IPTEKS di dunia. Teknologi AI masih sangat luas cakupannya sehingga pemanfaatannya juga bermacam-macam di berbagai bidang. Dunia pendidikan adalah salah satu bidang yang dapat mengadopsi adanya teknologi AI.

Teknologi AI merupakan teknologi yang menciptakan sebuah sistem dan memungkinkan komputer sebagai salah satu mediumnya dalam rangka melakukan proses interaksi dan memudahkan manusia dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Artificial intelligence memberikan kemudahan kepada manusia apabila keberadaannya dimaksimalkan untuk hal-hal positif. Haugeland (1996) berpendapat bahwa AI merupakan mind design yang artinya mencitpakan sistem yang mirip dengan cara kerja otak manusia.

 

BKarakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa SD

Karakteristik siswa merupakan ciri khas yang dimiliki oleh masing-masing siswa dalam berperilaku sehari-hari maupun saat belajar di sekolah. Pentingnya mengetahui karakteristik siswa bagi guru adalah sebagai pertimbangan untuk pemberian treatment yang sesuai dan memperoleh hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran. Pemberian treatment tersebut misalnya pertimbangan memilih strategi, metode, model, maupun media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Karakteristik yang dijadikan sebagai acuan dalam pemetaan melalui platform offline adalah gaya belajar dan perilaku siswa.

Kompetensi siswa yang dimaksud disini yakni kemampuan siswa dalam menyerap dan memahami materi yang diberikan oleh guru. Kompetensi yang dimaksud dapat berupa kemampuan kogntiif siswa, kemampuan afektif siswa, dan kemampuan psikomotorik siswa.Hal lain yang dapat ditampilkan adalah tentang prestasi siswa dan skor IQ, EQ, dan SQ pada siswa. Kompetensi siswa penting untuk dimasukkan ke dalam teknologi AI ini karena berguna untuk guru dalam memberikan bimbingan kepada siswa, serta bagi orang tua dapat dijadikan sebagai bahan refleksi maupun upaya orang tua untuk membuat anaknya pandai dalam memahami ilmu pengetahuan.

Pemetaan perkembangan psikologi siswa terutama siswa SD memberikan gambaran kepada orang tua maupun guru di dalam mengambil sikap terutama pada saat proses pembimbingan di sekolah oleh guru maupun saat proses pengawasan oleh orang tua pada saat anak berada di rumah. Perkembangan psikologi perlu dipantau secara berkala yang tentu memiliki berbagai manfaat. Manfaat yang dapat diperoleh diantaranya guru dan orang tua dapat mendeteksi apakah si anak terkena bullying saat di sekolah maupun saat di lingkungan bermain. Kedua, adalah mengidentifikasi tipe kepribadian anak, apakah si anak memiliki kepribadian introvert, ekstrovert, atau ambivert. Ketiga yakni pemetaan psikologi siswa dapat memberikan guru bekal dan informasi untuk menempatkan siswa di lingkungan yang sesuai dan selayaknya.

Munculnya teknologi AI menjadi angin segar bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, karena selama ini kemajuan IPTEKS masih dominan diadopsi di dunia industri, ekonomi, dan bidang-bidang lain. Dunia pendidikan sendiri memiliki peranan penting dalam memajukan suatu bangsa. Berkaitan dengan hal tersebut, ekpansi adanya teknologi AI dapat dimaksimalkan untuk kepentingan monitoring karakteristik, kompetensi, dan perkembangan psikologi siswa SD. Apabila inovasi ini benarbenar terwujud, maka semua pihak akan merasakan kemudahan dalam memantau siswa.

 

C. Platform Offline

Platform offline merupakan sebuah “wadah” yang di dalamnya terdapat integrasi sistemdengan berbagai menu pada sebuah komputer. Platform merupakan sebuah kelompok teknologi yang digunakan dalam bentuk aplikasi, pemrosesan, atau berupa teknologi yang sedang dikembangkan. Perbedaan platform offline dengan platform online terletak pada penggunaan internet. Internet adalah sarana penghubung antara data di server dengan perangkat yang ada di masyarakat. Pengembangan platform offline diambil dalam penelitian ini dengan beberapa pertimbangan karena kondisi jaringan internet yang ada di Indonesia masih belum merata, peralatan yang tersedia masih terbatas jumlahnya, serta operator yakni guru masih belum mahir dalam mengoperasikannya. Keuntungan yang dapat diambil dengan adanya teknologi AI berbasis platform offline diharapkan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat dan pihak yang terkait tanpa adanya koneksi internet sama sekali. Platform offline ini dapat berjalan di sistem operasi iOS dan Android maupun berbasis web dengan skema LAN (­Local Areal Network).

 Metode Penelitian 

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif-deskriptif. Indikator yang digunakan dalam penelitian yang akan dilakukan  yakni dengan meninjau apakah nantinya apabila teknologi AI ini akan diterapkan, dampak positif yang ditimbulkan cenderung lebih besar daripada dampak negatif yang timbul.

Subjek Penelitian

Subjek penelitian ini adalah siswa SD (sekolah dasar) di daerah Kota Bantul, Yogyakarta.

Teknik Pengumpulan Data

Teknik purposive sampling

Sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan beberapa  pertimbangan sebagai berikut:

(1) siswa yang berada di SD Negeri se Kota Bantul memiliki keberagaman dalam hal kompetensi dan karkateristik; (2) guru yang mengajar di sekolah tersebut adalah guru yang sudah profesional dan berkompeten dalam mengajar dan mendidik siswa.

Sampel penelitian yang dipilih berjumlah 4 sekolah, antara lain: SDN Bantul Warung, SDN 1 Bantul, SDN 3 Bantul, dan SD Bantul Timur. Keempat SD tersebut merupakan SD yang berada di kota Bantul dan memiliki prestasi yang baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Teknik non-randomized sampling

Teknik pemilihan SD tersebut menggunakan teknik non-randomized sampling. Teknik ini menjadikan sampel penelitian diambil dengan berbagai pertimbangan kritis dan ketat oleh peneliti sehingga diharapkan penelitian sesuai dengan yang diharapkan.

 Hasil dan Pembahasan

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat di-ekspansi ke seluruh SD yang ada di Indonesia. Melalui teknologi AI, berbagai langkah yang penting dapat dilakukan dengan dasar pertimbangan yang matang dan diharapkan menghasilkan keputusan yang tepat. Misalnya dalam perpindahan siswa antar sekolah, dapat didata secara online melalui data yang diperoleh dari sekolah asal.

Teknologi AI membutuhkan sarana dan prasarana yang tepat. Hal ini juga menjadi pertimbangan pemilihan sampel penelitian dilakukan pada sekolah dasar negeri di Kota Bantul, Yogyakarta.

Artificial intelligence adalah bentuk dari puncak IT yang dapat menyatukan, mengumpulkan, dan merancang kecerdasan manusia dalam bentuk  sistem. Sistem ini akan ditemukan polanya dan kemudian diaplikasikan untuk melaksanakan pekerjaan. Berawal dari perkembangan AI maka dapat diciptakan robot hingga hologram atau bardcode canggih. Sesuatu yang tidak hanya dapat mempermudah pekerjaan manusia, akan tetapi mirip dan dapat bekerja layaknya manusia normal lainnya.

Penerapan artificial intelligence harus mempertimbangkan nilai aksiologi, epiistemologi, dan ontologi dalam sudut pandang filsafat ilmu. Hal ini disebabkan karena suatu ilmu haruslah bermanfaat bagi kemaslahatan manusia, terutama untuk memenuhi kebutuhan orang banyak. Oleh sebab itu, diharapkan penelitian ini akan memberikan dampak yang baik terhadap pemanfaatan teknologi AI di masa mendatang.

 Kelebihan Jurnal

Penulis terlihat sangat menguasai dan juga mendalami materi karena setiap bagian jurnal dijelaskan dengan detail dan dengan kejelasan bahasa yang digunakan sehingga memudahkan dalam memahami isi jurnal dan menjelaskan dengan baik apa yang penulis inginkan.

Tata cara penulisan dan isi abstrak sudah baik karena penulis dapat memberikan gambaran menyeluruh mengenai kegiatan penelitian tentang  Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline.

Telah dipaparkan dengan jelas mengenai penelitian yang telah dilakukan mulai dari pendahuluan atau latar belakang, metode penelitian dan teknik pengambilan sampel yang digunakan.

Penulisan dalam jurnal sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan

 Dilengkapi dengan adanya gambar skema jaringan yang akan diterapkan dalam teknologi AI atau gambar Design jaringan pada platform offline.

Kelebihan dalam jurnal juga terletak pada meteri yang cukup lengkap terlihat pada sub-sub judul dalam jurnal tersebut yang lengkap dan mendetail, kemudian kelebihan dari jurnal tersebut adalah penulis dapat mengembangkan beberapa poin-point kecil namun cukup penting untuk di kaji, dan penulis melakukannya dengan cukup baik.

Kekurangan Jurnal

Space penulisan tidak teratur, tiap paragraph ada yang menjorok kedalam dan ada pula yang tidak menjorok kedalam.

Tidak ada saran untuk penelitian selanjutnya

Pemaparan yang jelas secara keseluruhan menjadikan jurnal ini jauh dari kelemahan dalam penulisannya.

Kesimpulan dan Saran

Penelitian dalam jurnal ini diharapkan dapat diaplikasikan dan digeneralisasikan tidak hanya pada jenjang sekolah dasar, namun juga pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kendala, serta faktor-faktor yang muncul selama penerapan teknologi ini dapat digunakan sebagai bahan relfeksi untuk penerapan teknologi yang jauh lebih baik di masa mendatang. 

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Best Casinos in Las Vegas, NV - Mapyro
    Find your 동두천 출장샵 perfect Vegas casino 의왕 출장샵 in 2021. Compare 제주 출장샵 reviews, photos and ratings to find the 여수 출장샵 best Casino in 태백 출장샵 Las Vegas, NV.

    BalasHapus

Popular Post

Muhammad Adityo. Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll


widgeo.net

- Copyright © 2013 Mahasiswa Konyol -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -